Pola Kalimat Simple Future Tense dengan Contoh Kalimat Lengkap (Positive, Negative, Interrogative)

Simple Future Tense di Dalam Kalimat

kalimat simple future tense, contoh kalimat simple future tense, kalimat positif simple future tense, kalimat negative simple future tense, kalimat interogative simple future tense, contoh kalimat simple future tense,


Bagaimana cara untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi di masa depan? Future tense jawaban nya!

Bentuk paling pertama dari Future tense adalah Simple Future Tense, bentuk dari Future tense yang paling sederhana. Pada tense ini kita menggunakan salah satu kata modal yang ditaruh setelah subjek yaitu kata "will". Selain itu, kata keterngan waktu yang menyatakan masa depan juga di nyatakan dalam kalimat nya seperti; tommorow, next day, day after tommorow, etc.

Simple Future Tense di gunakan untuk menyatakan suatu aktivitas atau peristiwa yang akan terjadi atau akan di lakukan di masa depan.

Misalnya,

saya akan pergi ke kantor pos besok.

Bambang mandi akan di sungai minggu depan

Yayan aktor film the raid akan main film lagi tahun depan.


Contoh kalimat diatas merupakan suatu peristiwa atau aktivitas yang akan dilakukan.

Bila ingin menyatakan kalimat-kalimat seperti itu dalam bahasa Inggris, kita harus menggunakan Simple Future Tense.

Bentuk Pola Kalimat Simple Future Tense


Simple Future tense terdiri dari subjek yang di ikuti oleh kata Will dan disambung lagi dengan kata kerja bentuk pertama (V1). Secara umum, ada 3 macam pola kalimat dengan simple future tense.
(+) Subjek + Will + Verb 1

(-) Subjek + Will Not + Verb 1

(?) Will + Subjek + Verb 1

Pola nya sederhana, karena setelah subjek, kita hanya perlu menambahkan will dan di ikuti oleh verb 1. Untuk kalimat negatif, "not" ditambahkan sesudah will. Kemudian untuk kalimat berbentuk pertanyaan, will menjadi awal dari sebuah kalimat.


Baca Juga 16 Macam Tenses Pada Bahasa Inggris

 

Contoh Kalimat Simple Future Tense (Positif, Negatif, Interogatif)

Ada 3 macam bentuk pada kalimat bahasa Inggris dengan tenses, Positif, Negatif, dan Interogatif (kalimat pertanyaan). Berikut contoh-contoh kalimat nya berdasarkan penjelasan singkat yang mudah dipahami.

Contoh Kalimat Positif Pada Simple Future Tense


Parno Will write the letter tommorow

Parno akan menulis surat besok

Dari kalimat diatas, kita bisa melihat bahwa subjek (Parno) di ikuti oleh kata Will dan di sambung oleh kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Kata keterangan waktu (tommorow) juga bisa ditambahkan di akhir kalimat untuk menyatakan masa depan.
They will come here in two weeks

Mereka akan datang ke sini dalam 2 minggu

Dari kalimat diatas, kita bisa melihat bahwa subjek (Parno) di ikuti oleh kata Will dan di sambung oleh kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Kata keterangan waktu (in two weeks) juga bisa ditambahkan di akhir kalimat untuk menyatakan masa depan.


Contoh Kalimat Negatif pada Simple Future Tense

Asri will not cook later tonight

Asri tidak akan memasak malam nanti

Untuk kalimat negatif, kita bisa melihat bahwa subjek (Asri) di ikuti oleh "Will not" dan di sambung oleh kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Kata keterangan waktu (later tonight) juga bisa ditambahkan di akhir kalimat untuk menyatakan masa depan.
Cahyo will not sleep in my house next week

Cahyo tidak akan tidur di rumahku minggu depan.

kita bisa melihat bahwa subjek (Cahyo) di ikuti oleh "Will not" dan di sambung oleh kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Kata keterangan waktu (next week) juga bisa ditambahkan di akhir kalimat untuk menyatakan masa depan.






Contoh Kalimat Interrogative pada Simple Future Tense

Will Rara go to school tommorow?

Apakah Rara akan pergi ke sekolah besok?

Untuk kalimat tanya di dalam bahasa Inggris, Struktur nya sedikit berbeda dengan kalimat biasanya. Pada Kalimat interogatif dalam bahasa inggris, predikat selalu di tempatkan di awal kalimat dan setelah itu subjek dan verb nya mengikuti.

Dari kalimat diatas kita bisa melihat bahwa Predikat (will) ditempatkan di depan kalimat. Kemudian di ikuti oleh subjek (Rara) dan verb 1 (go).


Kesimpulan Pembahasan Simple Future Tense

  • Simple Future Tense di gunakan untuk menyatakan suatu aktivitas atau peristiwa yang akan di lakukan di masa depan.
  • Pola Simple Future Tense ada 3 macam, yaitu : untuk kalimat positif (Subjek + Will + Verb 1), untuk kalimat negatif (Subjek + Will not + Verb 1), untuk kalimat tanya (Will + Subjek + Verb 1).
  • ada 3 macam pola kalimat dengan simple future tense.
(+) Subjek + Will + Verb 1

(-) Subjek + Will Not + Verb 1

(?) Will + Subjek + Verb 1


Penutup Pembahasan Simple Future Tense

Pembahasan kali ini memang sedikit, karena simple tense, baik itu present, Past, maupun future memiliki aturan yang sederhana dan mudah di pahami. Oleh karena itu tenses-tenses semacam ini di sebut simple tense.

Akan tetapi, bukan berarti teman-teman bisa dengan gampangnya meremehkan tenses semacam ini. Karena tanpa memahami tenses dari dasarnya, maka proses untuk memahami tenses lainnya akan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, saya selalu menekan kan bahwa dalam belajar bahasa Inggris, kita harus selalu belajar dari dasarnya. Semangat belajarnya ya! 



Nah, mungkin segitu dulu pembahasan mengenai Bedah Pola Kalimat Simple Future Tense dengan Contoh Kalimat Lengkap (Positif, Negatif, Interogatif) . Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!


Related Posts

Pola Kalimat Simple Future Tense dengan Contoh Kalimat Lengkap (Positive, Negative, Interrogative)
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...