Cara Mudah Belajar Contoh Kalimat Past Perfect Tense (Serta Perbedaan dengan Present Perfect Tense)

Definisi, Contoh, dan Pola Past Perfect Tense

contoh kalimat lengkap past perfect tense, pola kalimat past perfect tense, beda present dan past perfect, pattern past perfect tense, past perfect tense patter, cara mudah belajar past perfect tense

| Pasti teman-teman pernah di tanya begini sama seseorang; "kamu kemarin malam makan apa?"

Saat di tanya pertanyaan di atas, jawaban kita bisa beragam.

Saya kemarin malam makan soto.

kemarin malam saya makan nasi goreng.

dan sebagainya.


Definisi Past Perfect Tense

Past Perfect Tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang dimulai dan selesai di lakukan di masa lalu dan saat ini sudah tidak terjadi lagi.

Jadi, titik awal mulai dan titik selesai dari suatu hal, semuanya terjadi di masa lalu.



Kalimat-kalimat diatas merupakan contoh bagaimana fungsi sebuah past perfect tense digunakan. Di dalam bahasa Indonesia, kalimat-kalimat diatas merupakan kalimat yang biasanya kita gunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah selesai di lakukan di masa lalu dan saat ini sudah tidak terjadi lagi.  
Subjek + had + verb 3

Pola kalimat diatas adalah pola kalimat dari tense tersebut. Jangan mikir kalau pola kalimat nya rumit. Ngga rumit sama sekali kok.

Ada subjek. kemudian had. dan verb 3. udah itu aja.

Apakah predikatnya juga berubah mengikuti subjek seperti di Present Perfect Tense?


Tidak.

Predikat di tense ini tidak berubah mengikuti subjek nya. Jadi predikat nya akan selalu sama walaupun subjek nya berupa subjek yang single ataupun plural.

Penggunaan Verb 3 Pada Past Perfect Tense


Pada tense ini, verb yang digunakan adalah verb 3. Verb yang biasanya punya akhiran -ed dibelakang nya. Atau bisa juga merupakan kata kerja tidak beraturan seperti yang bisa teman-teman baca di sini.

Verb 3 merupakan kata kerja bentuk ketiga di dalam bahasa inggris. Seperti yang kita tahu, verb bisa di kelompokan menjadi 3 macam; verb 1, 2, dan 3.

Teman-teman bisa baca lebih lengkap di sini.

Perbedaan Past Perfect Tense dengan Present Perfect Tense


Karena sama-sama menunjukan sesuatu yang sudah terjadi, kadang ada yang bingung dengan penggunaan past perfect tense dan present perfect tense.

Yang membedakan tentu saja dari predikat nya. Kalau past perfect itu predikatnya cuma satu, yaitu "had". Sedangkan present perfect itu ada dua predikat yaitu "has/have".

Selain itu yang membedakan adalah maksud dari penggunaan nya. Present perfect tense digunakan saat sesuatu baru saja terjadi atau masih berkaitan dengan pembicaraan yang saat ini di lakukan.

Sedangkan Past perfect tense itu digunakan saat ingin menunjukan bahwa sesuatu sudah selesai terjadi di masa lalu dan biasanya di tambahkan dengan kata keterangan waktu (adverb) yang menunjukan bahwa hal tersebut terjadi di masa lalu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat kalimat dibawah.



Contoh Kalimat dan Penggunaan Past Perfect Tense

Karena sama-sama merupakan perfect tense, kalimat dengan tense ini mempunyai bentuk yang mirip dengan Present Perfect Tense. Hanya saja predikat yang di gunakan bukan "Have", melainkan "Had".

Dibawah ini ada 3 macam contoh kalimat dengan tense ini, ada kalimat positif, negatif, dan interogatif beserta pembahasan di setiap kalimat nya! Kuy capcus!


Contoh Kalimat Positif Past Perfect Tense

 Contoh Kalimat Positif Past Perfect Tense,  Conto Past Perfect Tense,  Contoh Kalimat Positif,  Contoh Kalimat Tense


Kalimat positif dengan tense ini punya bentuk yang sama dengan present perfect, yaitu;

Subjek + Had + Verb 3 + adverb time




I had eaten Nasi Goreng last night
Saya makan nasi goreng tadi malam
Subjek (I) di ikuti oleh predikat (had) kemudian di ikuti oleh Verb 3 (eaten) yang merupakan bentuk ke tiga dari verb "eat". 

Perhatikan adverb keterangan waktu di atas (last morning). Pada Past perfect biasanya di tambahkan keterangan waktu yang menunjukan bahwa sesuatu sudah selesai di kerjakan pada masa lalu. Pada kalimat diatas, adverb (last night) menunjukan kapan kegiatan tersebut sudah selesai dilakukan.

Adverb time adalah sebuah frasa kalimat yang di gunakan untuk membantu memberikan informasi tambahan di dalam sebuah kalimat. Adverb time itu sendiri adalah adverb yang berisi informasi terkait kapan waktu dari suatu hal di dalam kalimat terjadi. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa baca di link berikut; Definisi Time Clause di dalam kalimat.



Nana had lived in Canada for 2 months last year
Nana sudah tinggal di Kanada selama 2 bulan tahun lalu

dari kalimat diatas, kita tahu bahwa Nana tinggal selama 2 bulan di Kanada tahun lalu. Itu berarti saat ini Nana sudah tidak tinggal di Kanada. Adverb waktu (last year) menunjukan bahwa peristiwa tersebut terjadi tahun lalu dan saat ini sudah tidak terjadi lagi. Oleh karena itu kita gunakan past perfect tense.

Dari kalimat diatas, kita bisa melihat lagi bagaimana sebuah adverb digunakan. Ingat ya teman-teman, adverb itu bukan merupakan sebuah kewajiban untuk ada di dalam sebuah kalimat dan bukan merupakan bagian baku dari pola kalimat. Oleh karena itu, adverb bisa saja tidak dicantumkan di dalam sebuah kalimat. Namun tentu saja akan lebih baik bila di cantumkan karena membuat sebuah kalimat menjadi utuh dan tidak rancu.
Baca juga 4 Cara Mudah Memahami dan Menggunakan Adverb Dalam Sebuah Kalimat


Contoh Kalimat Negatif Past Perfect Tense

Contoh Kalimat negatif Past Perfect Tense, Contoh Kalimat negatif, Contoh Kalimat negatif Perfect Tense, Kalimat negatif Past Perfect Tense, pola Kalimat negatif Past Perfect Tense

 

Kalimat negatif merupakan kalimat yang menyatakan bahwa suatu hal tidak terjadi atau menyatakan suatu hal yang bukan menyatakan kebenaran. Di dalam bahasa Inggris, Kalimat negatif dibentuk dengan menambahkan kata "Not" di dalam kalimat.

Subjek + Had not + Verb 3



Bambang had not watched TV last night
Bambang tidak menonton TV tadi malam

Last year, Reza hadn't finnished his school
Tahun lalu, Reza tidak menyelesaikan sekolahnya 

Few weeks ago, Fadil hadn't joined the football club
Beberapa minggu lalu, Fadil tidak bergabung dengan klub sepakbola

dari kalimat diatas, kita tahu bahwa Had not menyatakan bahwa verb 3 (watched, finnished, dan joined) tidak dilakukan atau tidak selesai dilakukan di masa lalu. Kemudian adverb (last night, last year, dan few weeks ago) memberikan informasi mengenai waktu nya.

Pada 2 kalimat terakhir, adverb nya diletakkan pada awal kalimat. Apakah boleh seperti itu? Tentu saja boleh karena adverb bisa di taruh di awal atau di akhir kalimat. Selain itu, had not di singkat menjadi hadn't.


Contoh Kalimat Interogatif (kalimat tanya) Past Perfect Tense

Contoh Kalimat interogatif Past Perfect Tense, Contoh Kalimat interrogative Past Perfect Tense, pola Kalimat interogatif Past Perfect Tense, Kalimat tanya Past Perfect Tense

 

Di setiap tense, selalu ada bentuk kalimat tanya. Kalimat tanya di dalam bahasa Inggris selalu mempunyai bentuk yang sama. Yaitu predikatnya di taruh di awal kalimat dan di ikuti oleh subjek. Jadi yang perlu kita lakukan untuk membuat kalimat tanya hanya lah menukar tempat dari subjek dan predikat nya saja.

 Had + Subjek + Verb 3




Had Veni bought the bag yesterday?
Sudahkah Veni membeli tas nya kemarin?

Predikat pada kalimat diatas dipindahkan ke awal kalimat, kemudian subjek nya (Veni) mengikuti predikat. Verb 3, objek, dan adverb time (yesterday) tetap di tempat biasanya. Jadi yang kita tukar tempat nya Cuma subjek dan predikat saja.



Had They brought the ball from Jakarta last week?

Sudahkah mereka membawa bola dari Jakarta minggu lalu?

Predikat pada kalimat diatas dipindahkan ke awal kalimat, kemudian subjek nya (They) mengikuti predikat. Verb 3, objek, dan adverb time (yesterday) tetap di tempat biasanya.



Jika teman-teman belum tau bedanya Verb 1,2, dan 3, berikut artikel yang mebahas lengkap mengenai hal tersebut; Macam-macam Verb dalam Bahasa Inggris.

 

Kesimpulan Pembahasan Past Perfect Tense

  • Tense ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang dimulai dan selesai di lakukan di masa lalu dan saat ini sudah tidak terjadi lagi.
  • Ada kemiripan dengan Present Perfect Tense, namun yang membedakan adalah penggunaan predikat dan maksud dari penggunaan nya.
  • Verb yang digunakan adalah verb 3.
  • Predikat di tense ini tidak berubah mengikuti subjek nya. Jadi predikat nya akan selalu sama walaupun subjek nya berupa subjek yang single ataupun plural.
  •  adverb bisa di taruh di awal atau di akhir kalimat.

Penutup Pembahasan Mendalam dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense


Nah, mungkin itu saja pembahasan mengenai past perfect tense kali ini. Ingat, belajar tense itu tidak sulit.

Teman-teman sebaiknya belajar satu perubahan waktu terlebih dahulu, misalnya belajar perubahan waktu saat ini atau past.

Jadi, lebih baik kalau kita benar-benar memahami keempat tense pada past tense seperti Simple past Tense, past Continuous Tense, past Perfect Tense dan past Perfect Continuous Tense.

Karena bila sudah memahami ke-empat past tense ini, kita akan lebih mudah belajar tense pada perubahan waktu yang lain seperti past, future, atau past future. Karena semua nya hampir mirip bentuk nya. Yang berbeda cuma perubahan waktu saja.



Kalau kalian mau request pembahasan tentang topik tertentu, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya teman-teman. Pembaca yang baik akan selalu share artikel ini di sosmed, biar semakin banyak orang yang tahu bahwa belajar Grammar itu gampang banget!

Related Posts

Cara Mudah Belajar Contoh Kalimat Past Perfect Tense (Serta Perbedaan dengan Present Perfect Tense)
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...