Time Clause - Definisi, Contoh, dan Pola Kalimat

Time Clause dan Main Clause


contoh kalimat Time Clause, definisi Time Clause, cara membuat kalimat dengan time clause,


| Di dalam Bahasa Inggris, kadang ada 2 hal berurutan yang ingin kita nyatakan. Misalnya saya akan ke sarapan dulu besok pagi sebelum pergi ke sekolah. Dari kalimat tadi, kita bisa lihat bahwa ada 2 hal yang akan kita lakukan. Sarapan dan pergi ke sekolah. Bagaimana caranya untuk menyatakan 2 hal yang terjadi hampir bersamaan tersebut?

Kita butuh Time Clause!

Definisi Time Clause

Time clause adalah bagian dari suatu kalimat yang dipakai untuk membantu melengkapi sebuah kalimat utuh dan menunjukan waktu kapan sebuah hal terjadi. Time clause merupakan kalimat yang ditaruh di awal maupun di akhir main clause dan di antara 2 clause tersebut di berikan tanda koma.

Kemudian bentuk umum dari sebuah time clause adalah ketika di awali oleh kata-kata waktu seperti When, As soon as, before, after, while, dan until yang kemudian di ikuti oleh Subjek dan Verb. Oh iya, ingat juga ya bahwa clause itu bisa diartikan sebagai "Kalimat", maka time clause itu artinya "kalimat waktu" dan main clause itu artinya "kalimat utama".

Contoh Kalimat dan Cara Menggunakan Time Clause

Di bawah adalah contoh kalimat yang mengandung time clause lengkap dengan tense yang di gunakan, pola time clause, dan pembahasan singkat yang mendalam.

Time Clause dengan Future Continuous Tense

Bambang will be sleeping for 2 hours, when I arrive
Bambang bakalan sudah tidur ketika saya sampai dirumah

Pada kalimat di atas, tense yang digunakan adalah future continuous tense sebagai main clause. Kemudian "will have" merupakan predikat kalimat yang jika di artikan ke bahasa Indonesia menjadi "Bakalan". Jadi "will have" disini menunjukan suatu hal yang akan sedang terjadi.

Dimana time clause dari kalimat diatas? Time clause nya adalah kalimat kedua yang mengikuti kalimat pertama, yaitu "When I arrive". Sedangkan kalimat Bambang will be sleeping for 2 hours" merupakan kalimat utama atau main clause dari kalimat tersebut.

Time Clause dengan Future Perfect Tense

As soon as Tasya leaves, I will  have cleaned the room.
Secepatnya ketika Tasya pergi, saya bakalan sudah membersihkan ruangannya.

Pada kalimat di atas, tense yang digunakan adalah future perfect tense. Kemudian "will have" merupakan predikat kalimat yang jika di artikan ke bahasa Indonesia menjadi "Bakalan". Jadi "will have" disini menunjukan suatu hal yang akan sedang terjadi.

Kemudian Verb yang mengikuti predikat tersebut adalah V3 (cleaned). V3 sendiri merupakan bentuk kata kerja yang menyatakan bahwa kata kerja itu sudah selesai dilakukan. Oleh karena itu kalimat di atas di artikan menjadi "Saya bakalan sudah membersihkan"

Kemudian "As soon as Tasya leaves" sebagai time clause nya di letakan di depan kalimat utama. Sebenarnya penempatan time clause bisa di awal atau akhir kalimat utama. Time clause biasanya di awali oleh kata When, As soon as, before, after, while, dan until.



Baca Juga 7 Macam Clause Lengkap Dengan Contoh nya!

 

Tense Yang di Gunakan Pada Time Clause

Tense yang digunakan pada time clause biasanya berupa simple present tense seperti yang bisa kita lihat di 2 contoh kalimat diatas. Namun, terkadang Present continuous Tense juga digunakan pada time clause untuk menunjukan bahwa ada 2 hal yang akan sedang berlangsung di masa depan. Contoh kalimatnya sebagai berikut.
While I am cooking this Rendang tommorow, you are going to go school.
Ketika saya sedang masak rendang ini besok, kamu sedang pergi ke sekolah.

Before Yani is going to sleep, she will be finishing her homework.
Sebelum yani tidur, dia akan sedang menyelesaikan PR nya.

I will pick my son from school, after I'm cleaning my car tommorow.
Aku akan menjemput anakku dari sekolah, setelah aku membersihkan mobil ku besok.

Tolong di ingat ya bahwa ini merupakan tense yang di gunakan pada time clause nya. Bukan yang di gunakan pada main clause.



Tanda Baca Yang Penting Pada Time Clause

Perhatikan juga tanda koma (,) yang memisahkan antara 2 kalimat tersebut. Koma itu digunakan untuk menandakan mana yang merupakan kalimat utama, dan mana yang merupakan time clause nya.

Karena merupakan perpaduan antara 2 kalimat yang berbeda yaitu main clause dan time clause, maka tanda koma digunakan sebagai penanda diantara 2 kalimat tersebut.


Kesimpulan Pembahasan Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Menggunakan Time Clause

  • Time clause merupakan kalimat yang ditaruh di awal maupun di akhir main klause dan di antara 2 clause tersebut di berikan tanda koma (,)
  • Time clause adalah ketika di awali oleh kata-kata yang menunjukan waktu seperti When, As soon as, before, after, while, dan until
  • Pola time clause secara umum adalah Kata waktu + Subjek + Verb
  • Penempatan time clause bisa di awal atau akhir kalimat utama

Penutup

Nah, mungkin segitu dulu pembahasan mengenai Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Menggunakan Time Clause. Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas atau pertanyaan seputar topik ini, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!

Related Posts

Time Clause - Definisi, Contoh, dan Pola Kalimat
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...