3 Ciri-Ciri Future Perfect Continuous Tense Dengan Pembahasan, Pola, dan Contoh Kalimat

Contoh Kalimat FUTURE PERFECT CONTINUOUS TENSE,  Pola,dan Contoh Kalimat FUTURE PERFECT PROGRESSIVE TENSE, 3 Ciri-Ciri Future Perfect Continuous Tense, CONTOH KALIMAT FUTURE TENSE, 4 MACAM FUTURE TENSE

Cara Menggunakan Time Signal Pada Future Perfect Continuous Tense


Tense ini merupakan tense yang paling komplit di bandingkan tense Future lainnya. Bisa di bilang, tense ini merupakan gabungan antara Future continuous tense dan Future perfect tense yang di tambahkan kata keterangan waktu untuk menyatakan durasi dari suatu peristiwa.

Fungsi Dari Future Perfect Continuous Tense

Tense ini biasanya di gunakan untuk menyatakan durasi dari suatu peristiwa/pekerjaan yang akan sedang berlangsung di masa depan. Ingat ya, "suatu hal yang akan sedang berlangsung", itu berarti ada durasi waktu yang akan kita tambahkan di dalam kalimat dengan tense ini.

Secara sederhana, bisa kita simpulkan bahwa tense ini menunjukan sebuah durasi waktu dari  suatu hal yang sedang terjadi sampai ke masa depan. Intinya yang menjadi poin dari tense ini bukanlah hal apa yang sedang terjadi, melainkan seberapa lama durasi waktu dari hal yang terjadi dan kapan berakhirnya di masa depan nanti.

3 Ciri-Ciri Penting Future Perfect Continuous Tense

Tense ini bentuk nya seperti Future perfect tense. cuma bedanya, setelah Future perfect tense tersebut digunakan, kita harus menambakan verb-ing di belakangnya.

Pola kalimat nya sudah paten alias tidak bisa dirubah. Have merupakan predikat yang akan selalu digunakan dalam tense ini. Walaupun subjek nya berbentuk It, He, atau She; Have adalah kata yang mengikuti will.

Kemudian untuk menyatakan durasi kita perlu menambahkan time signal atau refrensi waktu yang menyatakan durasi dari suatu hal terjadi.

Macam-macam Time Signal (refrensi waktu)

Time signal punya peran penting dalam tense ini. Karena hal ini lah yang akan menyatakan durasi dari verb-ing tadi. Time signal biasanya di taruh di bagian belakang tense ini. Berikut contoh time signal yang sering digunakan. Teman-teman bisa menyesuaikan sendiri nantinya.

For                     : Selama
Since                  : Sejak
By next week       : Sampai minggu depan
By the end of ..... : Menjelang akhir dari .......


Pola Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Biasanya, tense ini membutuhkan 2 unsur di dalam nya, yaitu future perfect yang berbentuk 'will have been" dan presen pariciple yang berbentuk verb + ing.
Subjek + will have + Been + Verb ing + ..... + (time signal)

Teman-teman harus hati-hati ya. Tense ini memang mirip sekali dengan future perfect. Yang membedakan adalah adanya present participle (verb -ing) yang mengikuti "will have been" seperti yang bisa kita lihat di atas.

Teman-teman cukup mengingat bahwa tense ini diawali oleh Future perfect tense yang di tambahkan verb+ing serta selalu ada kata keterangan waktu yang menunjukan durasi.

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Sebagaimana yang kita tahu, ada 3 macam kalimat yang biasa digunakan. Yaitu kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya. Berikut akan kita bahas ketiga macam kalimat tersebut bila digunakan pada tense ini.
(+) Subjek + Will Have + been + verb-ing

(-) Subjek + Will Have not + been + verb-ing

(?) Will + Subjek + Have been + verb-ing

Contoh Kalimat Positif Future Perfect Continuous Tense

Yang pertama akan kita bahas adalah contoh kalimat Future Perfect continuous tense dengan satu kalimat saja. Contoh kalimatnya bisa dilihat dibawah;
Trio will have been cooking that food for 4 hours.

Trio bakalan sudah memasak makanan itu selama 4 jam.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia sehari-hari, "Will have been" bisa diartikan menjadi "bakalan sudah". Artinya kejadian tersebut sudah dimulai, sudah berlangsung selama 4 jam, dan bakalan masih berlanjut ke masa depan.


Masih belum mudeng? Ayo kita coba kalimat lainnya!


I will have been waiting the letter for 2 days.

Saya bakalan sudah menunggu surat selama 2 hari.

Dari kalimat diatas, kita bisa tahu bahwa ada kejadian yang sudah di mulai (waiting), sudah berlangsung selama 2 hari, dan bakalan masih berlangsung ke masa depan.


Dari 2 contoh kalimat diatas, kita bisa melihat fungsi sebenarnya dari future perfect continuous tense. Yaitu untuk menunjukan durasi total dari sebuah hal yang sudah di mulai, sedang berlangsung, dan masih akan berlangsung ke masa depan.


Contoh Kalimat Negatif Future Perfect Continuous Tense

Bagaimana membuat kalimat negatif dengan tense ini? caranya mudah sekali, teman-teman cukup menambahkan not setelah will. Seperti contoh kalimat di bawah.

Reza will not have been riding a bike for 3 hours.

Reza tidak bakalan sedang mengendarai motor selama 3 jam.

Pada kalimat diatas, di ikuti oleh kata "not" untuk menunjukan suatu hal yang tidak terjadi atau tidak bakalan sedang terjadi. Artinya, Reza tidak mengendarai motor selama 3 jam.


By Desember this year, Usama will not have been selling fruits for 6 months.

Sampai Desember tahun ini, Usama tidak bakalan sedang menjual buah-buahan selama 6 bulan tahun ini.

"Will not have been" pada Kalimat di atas lagi-lagi saya artikan menjadi "tidak bakalan sedang". Kenapa ngga diartikan per kata saja?

Cara paling cepat memahami sebuah kalimat inggris adalah, kita jangan terlalu terpaku pada setiap kata yang ada. Konteks di dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kadang bisa berbeda, untuk itulah kita harus selalu "fleksibel" saat mengartikan Bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Supaya maksud dari penggunaan tenses nya bisa lebih cepat kita pahami.

Selain itu, pada kalimat diatas ada time clause nya lho! Soal itu bisa kalian baca dengan lebih mendetail disini!


Contoh Kalimat Tanya (Interogatif) Future Perfect Continuous Tense

Untuk membuat kalimat tanya dengan tense ini, kita hanya perlu memindahkan predikat ke awal sebuah kalimat. "Will" harus kita pindahkan ke depan kalimat yang kemudian di ikuti oleh subjek dari kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat di bawah;
Will you have been standing here since 2 hours ago?

Akankah kamu berdiri disini sejak 2 jam yang lalu?

Coba perhatikan arti dari will ada kalimat di atas jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia. will diartikan menjadi "Akan kah". Disini bisa dilihat bahwa pada kalimat tanya pun time signal tetap digunakan untuk menunjukan durasi dari suatu hal.

Shall Hana have been working the project for 3 months tommorow?

Haruskah Hana sedang mengerjakan proyek nya selama 3 bulan besok?

Pada kata tommorow, kita dapat informasi bahwa proyek dari Hana tersebut sudah di kerjakan dalam durasi tertentu dan akan mencapai durasi 3 bulan pada hari besok (bukan berarti pekerjaan nya sudah selesai, hanya saja pekerjaan tersebut sudah mencapai 3 bulan).
 
Kesimpulan nya, tense ini memang di tujukan untuk memberikan informasi terkait durasi dari sebuah hal yang terjadi dan masih akan berlangsung atau selesai di masa depan.

Selain itu, di tense ini penggunaan Shall juga sebenarnya bisa di lakukan walaupun sangat jarang di gunakan. Untuk pembahasan Shall dan Will yang lebih mendetail bisa teman-teman lihat di sini.


Kesimpulan Pembahasan Future Perfect Continuous Tense

  • Tense ini biasanya di gunakan untuk menyatakan durasi dari suatu peristiwa/pekerjaan yang akan sedang berlangsung di masa depan.
  • Intinya yang menjadi poin dari tense ini bukanlah hal apa yang sedang terjadi, melainkan seberapa lama durasi waktu dari hal yang terjadi.
  • Ada 3 Ciri-Ciri Penting Future Perfect Continuous Tense; Tense ini bentuk nya seperti Future perfect tense, Pola kalimat nya sudah paten alias tidak bisa dirubah, dan perlu menambahkan time signal atau refrensi waktu.
  • Pola kalimat tensi ini bisa di gambarkan seperti ini; baik kalimat positif, negatif, dan interogatif

(+) Subjek + Will Have + been + verb-ing

(-) Subjek + Will Have not + been + verb-ing

(?) Will + Subjek + Have been + verb-ing

  • Ada Macam-macam Time Signal (refrensi waktu)
  • Konteks di dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kadang bisa berbeda, untuk itulah kita harus selalu "cair" saat menyusun kalimat dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ataupun sebaliknya.

Penutup Pembahasan Future Perfect Continuous Tense.

Demikian pembahasan tense kali ini, semoga teman-teman mudah memahami Future tense yang sejauh ini sudah kita bahas. Mulai dari Simple Future Tense sampai Future Perfect Continuous Tense.

Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!

Related Posts

3 Ciri-Ciri Future Perfect Continuous Tense Dengan Pembahasan, Pola, dan Contoh Kalimat
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...