Perbedaan Arti WILL dan SHALL dan Cara Menggunakan nya di Dalam Kalimat

Apa Bedanya Will dan Shall ya? 

contoh tag question, contoh kalimat tag question, contoh kalimat shall, apa bedanya will dan shall, perbedaan will dan shall, apa itu modals, modals grammar, bedanya will dan shall, contoh kalimat tanya shall, contoh kalimat tanya tag question,


| Di dalam bahasa Inggris ada kata-kata yang memiliki bentuk berbeda namun dengan arti yang hampir sama. Selain itu ada juga kata-kata yang walaupun memiliki arti sama, namun hanya di gunakan pada kalimat tertentu saja. Berikut adalah 2 kata yang secara arti memang sama, namun penggunaan nya di dalam kalimat sering berbeda. Kata-kata tersebut adalah;

WILL dan SHALL

Kedua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang hampir sama, yaitu "akan". Kedua kata tersebut merupakan bagian dari modals, yang biasanya di gunakan untuk menunjukan bahwa ada suatu hal yang akan terjadi atau yang akan di lakukan.
I will go to Jakarta

I shall go to Jakarta

Kedua kalimat di atas menunjukan suatu hal yang akan di lakukan. Namun apa sih yang membedakan will dan shall di atas?

Will pada penggunaan nya lebih menunjukan sesuatu yang akan terjadi. Sedangkan Shall menunjukan sebuah penekanan terhadap apa yang seharusnya terjadi. Perhatikan bedanya.
Will = Sesuatu hal yang akan terjadi

Shall = Sesuatu hal yang seharusnya terjadi

Jadi, jika kita menggunakan shall di dalam kalimat, verb atau kata kerja yang mengikuti nya menjadi lebih tegas dan lebih punya penekanan bahwa hal tersebut harus terjadi. Berbeda dengan will yang hanya menyatakan bahwa suatu hal "akan" terjadi. Shall memberikan lebih banyak penekanan pada verb di dalam sebuah kalimat.



Lebih Sopan Jika Menggunakan Shall Dalam Kalimat Tanya

Menggunakan shall dalam sebuah suggestion merupakan hal yang lebih sopan dilakukan. Ini biasanya dilakukan dalam sebuah kalimat yang sifatnya resmi atau formal. Penggunaan shall ini biasanya digunakan saat si penanya ingin memberikan saran/sugesti kepada lawan bicara dan sekaligus menanyakan apakah lawan bicaranya setuju dengan saran/sugesti tersebut. Berikut contoh penggunaan shall dalam kalimat tanya.
Shall I open the door?

Haruskah saya membuka pintu nya?

Shall we go now?

Haruskah kita pergi sekarang?

Pada kalimat di atas, shall bukan di artikan sebagai "akankah" tapi di artikan sebagai "haruskah". Ini karena kalimat tersebut bukan merupakan pertanyaan biasa, melainkan berupa sugesti atau saran.

Penggunaan shall sendiri cuma dipakai saat subjek di dalam kalimat tanya tersebut berupa "I" atau "We". Selain itu jika subjek nya bukan merupakan kedua kata tersebut, biasanya kita menggunakan "should".


Selain itu, penggunaan shall juga biasanya di pakai pada tag question di dalam kalimat yang di awali dengan kata "Let's". Tag Question adalah pertanyaan yang biasanya berupa frasa pada akhir kalimat dan di gunakan untuk meminta persetujuan terhadap suatu saran/sugesti. Berikut contoh nya kalimatnya.
Let's eat, shall we?

Let's play outside, shall we?

Let's go home, shall we?

Pada kalimat di atas, shall digunakan pada tag question. Kalimat diatas merupakan kalimat ajakan atau sugesti untuk melakukan sesuatu. Jika diartikan ke bahasa Indonesia sehari-hari, shall we bisa diartikan sebagai "Yuk!". Seperti pada kalimat berikut;
Ayo makan, yuk!

Ayo main diluar, yuk!

Ayo pulang, yuk!

Kesimpulan Pembahasan Arti WILL dan SHALL dan Cara Menggunakan nya di Dalam Kalimat


  • Will pada penggunaan nya lebih menunjukan sesuatu yang akan terjadi.
  • Sedangkan shall menunjukan sebuah penekanan terhadap apa yang seharusnya terjadi
  • Menggunakan shall dalam sebuah suggestion merupakan hal yang lebih sopan dilakukan
  • Selain itu, penggunaan shall juga biasanya di pakai pada tag question di dalam kalimat yang di awali dengan kata "Let's"

Penutup Pembahasan Arti WILL dan SHALL dan Cara Menggunakan nya di Dalam Kalimat


Nah itu dia yang harus teman-teman tahu terkait bedanya penggunaan shall dan will di dalam sebuah kalimat. Gimana? informatif banget kan artikel ini? Nantikan artikel-artikel informatif terkait grammar dan bahasa Inggris hanya di blog ini ya!

Kalau kalian punya request dan ingin suatu topik untuk dibahas, langsung aja tulis di kolom komentar ya! Dan jangan lupa share artikel ini di sosmed kalian ya!

Related Posts

Perbedaan Arti WILL dan SHALL dan Cara Menggunakan nya di Dalam Kalimat
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...