Definisi dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Kalimat Positif, Negatif, dan Interogatif pada Future Perfect Tense

Kalimat Future Perfect Tense, Definisi Future Perfect Tense, Definisi dan Contoh Kalimat Future Tense, Definisi Future Tense, Definisi dan Contoh Kalimat Perfect Tense, Definisi Tense, Definisi dan Contoh Kalimat Tense

| Saat akan menyatakan suatu hal yang akan terjadi di masa depan, biasanya kita akan menggunakan kalimat "I will...." dan sebagainya. Tapi bagaimana kalau kita ingin menyatakan suatu hal yang akan selesai terjadi di masa depan?

Misalnya teman-teman saat ini Masih SMP atau SMA kelas 1. Nah, dalam 2 tahun lagi, teman-teman pastinya sudah lulus kan? Bagaimana menyatakan "2 tahun lagi saya akan lulus" dalam bahasa Inggris? Tense apa yang harus digunakan?

Definisi Future Perfect Tense


Future Perfect tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan suatu hal yang akan selesai terjadi di masa depan. Kalau misalnya simple future atau future continuous menyatakan hal yang akan atau sedang terjadi di masa depan, future perfect digunakan untuk menyatakan waktu dimana hal tersebut selesai terjadi di masa depan. Kalau kita simpulkan akan seperti ini;
Simple Future : Suatu hal akan terjadi di masa depan

Future Continuous : Suatu hal akan sedang terjadi di masa depan

Future Perfect : Suatu hal telah terjadi di masa depan

Selain itu, tense ini juga digunakan untuk menyatakan suatu hal yang akan terjadi saat ada hal lain yang sudah selesai terjadi. Jadi, tense ini menunjukan bahwa ada hal lain yang terjadi setelah suatu hal selesai terjadi.

Bingung ya? Makanya ayo kita langsung terjun ke contoh kalimat nya!


Contoh dan Pola Kalimat Future Perfect Tense (Aktif, Negatif, dan Interogatif)


Di dalam tense ini ada 3 bentuk pola yang mesti dipahami fungsi nya. Ada kalimat aktif, negatif, dan interogatif. berikut pola kalimatnya;

(+) subjek + Will + Have + V3

(-) subjek + Will + Not + Have + V3

(?) will + subjek + Have  + V3

Contoh Kalimat Positif pada Future Perfect Tense

By the time I will have graduated, you will be the freshman in highschool

Ketika saya sudah lulus, kamu akan jadi anak baru di SMA.


Kalimat diatas menunjukan bahwa ada suatu hal yang sudah selesai terjadi (I will have graduated) dan hal lain nya yang mengikuti (you will be the freshman).

Kedua kejadian ini saling mengikuti satu sama lainnya, karena ada suatu hal yang sudah selesai, dan saat hal tersebut selesai, ada hal lain nya yang baru mulai terjadi.

Jadi untuk menunjukan 2 hal yang saling berkaitan di masa depan (1 hal selesai dan 1 hal baru mulai) maka kita menggunakan tense ini.


Contoh Kalimat Negatif Pada future Perfect Tense

Bagimana caranya untuk menyatakan suatu hal tidak selesai atau tidak terjadi di masa depan? Berikut contoh kalimat negatif pada tense ini dan pembahasannya.
When Tora arrives at home, Yono will not have cooked this chicken,

ketika Tora sampai di rumah, Yono belum akan memasak ayam ini.

Kalimat diatas, menunjukan bahwa suatu hal belum akan selesai terjadi, saat suatu hal lainnya akan terjadi.

Ketika Tora sampai dirumah, Yono belum akan memasak ayam tersebut. Disini ada hal yang belum selesai terjadi (Yono masak ayam) saat suatu hal lain terjadi (Tora sampai di rumah). Kedua hal di atas terjadi di masa depan,

Seno will not have been in Solo, when the carnival starts tommorow.

Seno tidak akan ada di solo, ketika karnaval nya mulai besok hari.

Pada kalimat di atas, Seno tidak ada solo ketika karnaval nya mulai. Kalimat tersebut menunjukan Seno tidak berada di solo ketika karnavalnya mulai. Disini kalimat ini menunjukan bahwa ada suatu hal yang tidak selesai ketika hal lain terjadi di masa depan.

Tense ini memang sangat jarang digunakan pada sebuah single kalimat. Tense ini membutuhkan kalimat lain untuk bisa berdiri, oleh karena itu selalu ada kalimat yang mengikuti kalimat utama yang berisi future perfect tense ini. Hampir Sama seperti Future Continuous tense dimana ada clause atau anak kalimat yang membantu melengkapi sebuah kalimat sehingga kalimat tersebut utuh.


Contoh Kalimat Tanya Pada Future Perfect Tense


Will Bambang have locked the door, by the time Somad goes home?

Akankah Bambang sudah mengunci pintu ketika Somad pulang?

Pada kalimat ini kita bertanya apakah Bambang sudah selesai mengunci pintu, ketika Somad pulang. Perhatikan bahwa kalimat ini menanyakan apakah suatu hal sudah selesai dilakukan ketika hal lain terjadi.

Pada kalimat diatas, predikat will di taruh di awal kalimat dan di ikuti oleh subjek nya. Hal ini mirip dengan kalimat tanya di tense manapun, dimana predikat dari sebuah kalimat di taruh di depan.

Kesimpulan Pembahasan Definisi dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense


  • Future Perfect tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan suatu hal yang akan selesai terjadi di masa depan.
  • Selain itu, tense ini juga digunakan untuk menyatakan suatu hal yang akan terjadi saat ada hal lain yang sudah selesai terjadi.
  • Di dalam tense ini ada 3 bentuk pola yang mesti dipahami fungsi nya. Ada kalimat aktif, negatif, dan interogatif.

(+) subjek + Will + Have + V3

(-) subjek + Will + Not + Have + V3

(?) will + subjek + Have  + V3

  • Tense ini membutuhkan kalimat lain untuk bisa berdiri, oleh karena itu selalu ada kalimat yang mengikuti kalimat utama yang berisi future perfect tense ini.

Penutup

Nah, mungkin segitu dulu pembahasan mengenai Pembahasan Definisi dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense. Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!

Related Posts

Definisi dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...