Cara Menggunakan Future Continuous Tense Dengan Contoh Kalimat

Fungsi dan Kegunaan Future Continuous Tense

 

Tense yang satu ini sering juga di sebut Future Progressive Tense. Progressive bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah "gerak maju".

Nama ini cukup tepat karena tense ini menggambarkan sebuah gerak maju dari suatu peristiwa atau kegiatan. Bedanya, gerak maju ini terjadi pada masa depan.

Tense ini biasanya di gunakan untuk menyatakan 2 hal yang terjadi secara hampir bersamaan di masa depan. Artinya terdapat alur waktu yang terjadi di masa depan dimana ada 2 peristiwa yang saling mengikuti.

Pola Kalimat Future Continuous Tense


(+) Subjek + will/Shall be + Verb -ing

(-) Subjek + will/Shall not be + Verb -ing

(?) Will/Shall be + Subjek + Verb -ing

Sama seperti present atau past continuous tense, Future continuous tense juga terdiri dari subjek dan verb -ing. hanya saja predikat yang di gunakan adalah "will be" yang diikuti verb-ing.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Seperti yang disebutkan di atas, Tense ini biasanya digunakan untuk menyatakan 2 kejadian yang akan terjadi di masa depan. Saat suatu peristiwa terjadi, peristiwa selanjutnya akan menjadi future continuous tense. Coba perhatikan contoh kalimat di bawah. Kita akan membahas beberapa bentuk kalimat dari tense ini. Baik yang berupa kalimat positif, negatif, maupun yang berupa kalimat tanya (interogatif).


Contoh kalimat Positif Future Continuous Tense

 

I will be watching the TV tommorow when I'm already at home.
saya akan sedang menonton TV besok ketika saya sudah di rumah.

Pada kalimat di atas, ada 2 kejadian yang akan terjadi dimasa depan dan saling mengikuti. Saya akan sedang menonton tv ketika saya sudah di rumah. Salah satu dari 2 kalimat itu merupakan tense yang sedang kita bahas. Ingat ya, tidak ada 2 future continuous tense di dalam satu kalimat.

Dimas will be coming in 2 hours after Badrun call him.
Dimas akan datang dalam 2 jam setelah Badrun menelpon dia.

Pada kalimat di atas, kita juga bisa lihat bahwa ada 2 kejadian yang akan terjadi dimasa depan dan saling mengikuti. Dimas akan datang dalam 2 jam setelah Badrun menelpon dia. Perhatikan bahwa predikat dari kalimat dengan tense ini selalu berbentuk "will be" dan di ikuti oleh verb-ing.

By the time I arrive, Tina will be cooking in the kitchen.
Ketika saya tiba, Tina akan sedang memasak di dapur.

Pada kalimat di atas, kita juga bisa lihat bahwa ada 2 kejadian yang akan terjadi dimasa depan dan saling mengikuti. Tina akan sedang memasak di dapur ketika saya tiba. Tense ini menunjukan bahwa ada peristiwa yang akan sedang berlangsung di masa depan ketika suatu peristiwa lain selesai dilakukan di masa depan.
Subjek + will/Shall be + Verb -ing

Contoh Kalimat Negatif Future Continuous Tense


Pada setiap tense, selalu ada kalimat negatif nya. Begitu pula pada future Progressive tense ini. Pada intinya, struktur kalimat sebenarnya sama dengan bentuk positif nya. Hanya saja predikatnya ditambahkan kata "not" setelah kata "will" Berikut contoh kalimat negatifnya.

Maisaroh will not be delivering cake by the time we leave.
Maisaroh tidak akan sedang mengantarkan kue ketika kita pergi.

Pada kalimat diatas, kita bisa lihat struktur dan fungsi dari tense nya sama dengan kalimat positif. Hanya saja ada kata not yang mengikuti kata will. Ini untuk menunjukan bahwa suatu hal tidak akan terjadi ketika ada hal yang lain sedang terjadi di masa depan. 


Jono will not be watching tv when you are there tommorow.
Jono tidak akan sedang menonton tv ketika kamu disana besok.

Jono tidak sedang nonton tv ketika kamu disana. Kalimat ini menunjukan bahwa ada hal yang tidak terjadi ketika suatu hal yang lain terjadi dimasa depan. Ingat selalu, continuous/progressive tense adalah tense yang menyatakan bahwa ada sebuah alur waktu saat suatu hal sedang terjadi/sedang di lakukan. Baik itu di present tense, past tense, maupun future tense. Semua tense ini menunjukan alur waktu yang mengalir saat suatu hal terjadi.


Subjek + will/Shall not be + Verb -ing


Contoh Kalimat Tanya Future Continuous Tense


Saat menggunakan bentuk kalimat tanya dari tense ini, biasanya untuk menanyakan kepastian bahwa sesuatu hal akan terjadi di masa depan. Pola kalimatnya pun sama dengan simple future tense dimana predikat dipindah kan ke depan kalimat. Berikut contoh nya;
Will Harry be cleaning the house after we leave?
Akan kah Harry sedang bersih-bersih rumah setelah kita sudah pergi?

Kalimat tanya pada tense ini memindahkan predikat will ke depan kalimat. Sementara "be" di letakan setelah subjek (Harry) kemudian verb-ing mengikuti. Jadi kalau di simpulkan, subjek pada kalimat tanya diletakkan di tengah-tengah predikat.

Will the taxi driver be coming by the time Sonny arrives?
Akan kah sopir taxi nya datang ketika Sonny tiba?

Kalimat tanya pada tense ini memindahkan predikat will ke depan kalimat. Sementara "be" di letakan setelah subjek (The Taxi Driver) kemudian verb-ing mengikuti.
Will + Subjek + be + Verb-ing


Kesimpulan Pembahasan Future Continuous Tense


  • Tense ini sering juga di sebut sebagai Future Progressive Tense.
  • Tense ini biasanya di gunakan untuk menyatakan 2 hal yang terjadi secara hampir bersamaan di masa depan.
  • Pola Kalimat Future Continuous Tense

(+) Subjek + will/Shall be + Verb -ing

(-) Subjek + will/Shall not be + Verb -ing

(?) Will/Shall + Subjek + be + Verb -ing
  • Pada kalimat tanya, subjek diletakan diantara predikat kemudian diikuti oleh verb-ing
  • Untuk kalimat tanya, biasanya digunakan untuk menanyakan kepastian akan 2 hal yang mungkin terjadi di masa depan.

Penutup Cara Menggunakan Future Continuos Tense Dengan Contoh Kalimat


Nah semoga pembahasan tentang Future continuous tense tadi cukup jelas dan teman-teman paham dengan tenses ini. Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!
 

Related Posts

Cara Menggunakan Future Continuous Tense Dengan Contoh Kalimat
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...