Pengertian Past Perfect Continuous Tense Beserta Pembahasan, Pola, dan Contoh Kalimat

Pembahasan Lengkap Past Perfect Continuous Tense

Pembahasan, Pola, dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense, Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense, Pola dan Contoh Kalimat Past Perfect Progressive Tense, Pembahasan Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Tense ini merupakan tense yang paling komplit di bandingkan tense Past lainnya. Bisa di bilang, tense ini merupakan gabungan antara Past continuous tense dan Past perfect tense yang di tambahkan kata keterangan waktu untuk menyatakan durasi dari suatu peristiwa.


Fungsi Dari Past Perfect Continuous Tense


Tense ini biasanya di gunakan untuk menyatakan durasi dari suatu peristiwa/pekerjaan yang sudah selesai terjadi di masa lalu. Perfect continuous tense pada umumnya memang digunakan untuk menyatakan saat ada dua peristiwa di masa lalu yang saling mengikuti.

Masih belum paham? Coba lihat dulu pola kalimat di bawah sebelum kita mulai "bedah" contoh kalimat nya.

Pola Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Subjek + Had + Been + Verb ing + adverb time


Teman-teman cukup mengingat bahwa tense ini diawali oleh Past perfect tense yang di tambahkan verb+ing serta kata keterangan waktu.

3 Bagian Penting Past Perfect Continuous Tense

Jadi, tense ini bentuk nya seperti Past perfect tense. cuma bedanya, setelah Past perfect tense tersebut digunakan, kita harus menambakan verb-ing di belakangnya. Kemudian untuk menyatakan durasi kita perlu menambahkan adverb time.
Past Perfect Tense + Verb Ing

Akan tetapi, kata "had been" disini merupakan bagian penting dari Past perfect continuous tense. Karena been yang menyatakan bahwa suatu peristiwa atau pekerjaan sudah berjalan dalam rentang waktu tertentu.

"Been" merupakan bentuk kata ketiga (V3) dari kata "Be". Dalam konteks Past perfect continuous tense, Subjek + Have / Has + Been bisa di artikan bahwa Subjek telah melakukan sesuatu.

Sedangkan verb ing nya merupakan pernyataan tentang apa yang telah dilakukan.

Ayo kita pahami secara perlahan.
Subjek + Had + Been = Subjek telah atau sedang melakukan sesuatu.

Verb ing = Menyatakan hal apa yang telah atau sedang di lakukan oleh subjek.

Adverb time = Untuk menyatakan durasi dari verb+ing.


Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense


Sebagaimana yang kita tahu, ada 3 macam kalimat yang biasa digunakan. Yaitu kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya. Berikut akan kita bahas ketiga macam kalimat tersebut bila digunakan pada tense ini.
(+) Subjek + Had + been + verb-ing

(-) Subjek + Had not + been + verb-ing

(?) Had + Subjek + been + verb-ing

Contoh Kalimat Positif Past Perfect Continuous Tense

Yang pertama akan kita bahas adalah contoh kalimat tense ini dengan satu kalimat saja. Contoh kalimatnya bisa dilihat dibawah;
Yuni had been singing that song from 5 to 10 PM Yesterday.

Kalau di artikan ke dalam bahasa Indonesia sehari-hari, kalimat di atas akan menjadi;
Yuni sudah menyanyikan lagu itu dari jam 5 sampai Jam 10 Sore kemarin.

Dari arti di atas kita dapat mengetahui bahwa Yuni sudah baca buku ini kemarin. Yang berarti ada rentang waktu yang terjadi pada saat Yuni bernyanyi, yaitu jam 5 sampai jam 10 sore.

Kita juga dapat mengetahui bahwa, Yuni telah melakukan sesuatu. (Yuni had been)

Apa yang telah di lakukan Yuni?

Bernyanyi. (singing)

Nah, tadi diatas kan sudah di singgung bahwa Perfect continuous tense pada umumnya digunakan saat ada dua peristiwa di masa lalu yang saling berkaitan. Berikut akan kita bahas bagaimana contoh kalimat past perfect continuous tense dengan 2 kalimat.


Contoh kalimatnya bisa dilihat di bawah;
Bono had been swimming for 1 hour before Jim joined him.

Bono sudah berenang selama satu jam sebelum Jim ikut berenang.

Dari kalimat diatas ada 2 peristiwa, Bono berenang dan Jim ikut berenang. Kalimat pertama menggunakan past perfect continuous tense dan adverb waktu yang di sambungkan dengan kalimat kedua.

Ingat ya, kalimat kedua tidak perlu menggunakan tense ini lagi karena di kalimat pertama sudah di nyatakan. Kalimat kedua hanya perlu mengubah bentuk nya menjadi kalimat past tense.

Jadi, tense ini juga digunakan saat ada 2 peristiwa yang saling berkaitan sudah terjadi di masa lalu.

Contoh Kalimat Negatif Past Perfect Continuous Tense

Kalimat negatif adalah kalimat yang menyatakan suatu hal yang bertolak belakang dengan kalimat negatif. Kalimat negatif dalam bahasa inggris biasanya mengandung kata "not". Kira-kira bagaimana caranya Kalau kita ingin membuat kalimat negatif di dalam tense ini ya?
Mona had not been living in Jogja 10 years ago

Mona tidak tinggal di Jogja 10 tahun lalu

Pada kalimat diatas, predikat nya (had) di tambahkan kata "not" untuk menunjukan suatu hal yang tidak terjadi atau tidak pernah terjadi di masa lalu. Untuk struktur dan pola kalimatnya sama saja dengan kalimat negatif. Yang membedakan cuma penambahan kata not pada predikatnya.
They had not been training for 6 months last year

Mereka tidak latihan selama 6 bulan tahun lalu.

Jika kita mengartikan kata "Had been" atau "had not been" ke dalam konteks bahasa Indonesia, kedua frasa itu bisa berarti "sudah pernah" atau "belum pernah". 

Memang terkadang saat mengartikan sebuah kalimat berbahasa Inggris, kita jangan terlalu terpaku pada setiap kata yang ada. Konteks di dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kadang bisa berbeda, untuk itulah kita harus selalu "cair" saat menyusun kalimat dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ataupun sebaliknya.

Contoh Kalimat Tanya (Interogatif) Past Perfect Continuous Tense

Untuk membuat kalimat tanya dengan tense ini, kita hanya perlu memindahkan predikat ke awal sebuah kalimat. "Had" harus kita pindahkan ke depan kalimat yang kemudian di ikuti oleh subjek dari kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat di bawah;
Had you been standing here 2 hours ago?

Bukankah kamu berdiri disini selama 2 jam yang lalu?

Coba perhatikan arti dari had ada kalimat di atas jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia. Had diartikan menjadi "Bukan kah". Disini bisa dilihat bahwa kalimat tanya pada tense ini digunakan untuk bertanya tentang hal yang sudah di ketahui. Terkadang untuk mengartikan bahasa inggris kita tidak boleh terlalu berpatokan pada teks saja.
Had my sister been coming here when I was not at home last week?

Sudahkah saudara ku datang ke sini ketika aku tidak ada di rumah minggu lalu?

Di contoh kalimat diatas, ada 2 kalimat; "apakah adikku datang" dan "aku tidak ada di rumah". Kedua kalimat ini merupakan kalimat past tense karena semua predikatnya menggunakan bentuk past, yaitu (had) dan (was).

Kalimat diatas menunjukan bahwa ada 2 kejadian yang terjadi di masa lalu dan saling berkaitan satu dan lain. Oleh karena itu, untuk menyatakan kalimat seperti ini, kita menggunakan tense ini.

Baca Juga Macam-Macam Verb Beserta Pembahasan nya!

 

 

Kesimpulan Pembahasan Past Perfect Continuous Tense


  • Tense ini di gunakan untuk menyatakan bahwa suatu pekerjaan atau suatu peristiwa sudah di lakukan / terjadi dalam rentang waktu tertentu.
  • Pola kalimat tensi ini bisa di gambarkan seperti ini; baik kalimat positif, negatif, dan interogatif
(+) Subjek + Had + been + verb-ing

(-) Subjek + Had not + been + verb-ing

(?) Had + Subjek + been + verb-ing
  • Kita cukup mengingat bahwa tense ini diawali oleh Past perfect tense yang di tambahkan verb ing.
  • 2 Bagian Penting Past Perfect Continuous Tense; (Subjek + Had + Been) + (Verb-Ing) + (Adverb time)
  • Tense ini juga digunakan untuk menyatakan dua kejadian yang saling mengikuti di masa lalu.
  • Konteks di dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kadang bisa berbeda, untuk itulah kita harus selalu "cair" saat menyusun kalimat dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ataupun sebaliknya.

Penutup Pembahasan Past Perfect Continuous Tense.


Demikian pembahasan tense kali ini, semoga teman-teman mudah memahami Past tense yang sejauh ini sudah kita bahas. Mulai dari Simple Past Tense sampai Past Perfect Continuous Tense.

Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.

Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!

Related Posts

Pengertian Past Perfect Continuous Tense Beserta Pembahasan, Pola, dan Contoh Kalimat
4/ 5
Oleh

Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

Powered by Blogger.

Kamu Harus Baca Ini!

Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...