5 Jenis Clause Utama Dengan Pengertian Klausa Lengkap dan Contoh Kalimat

Macam-macam klausa di dalam Bahasa Inggris

macam-macam Clause, contoh clause, definisi clause, contoh independent dan dependent clause, jenis klausa dalam bahasa inggris, contoh noun clause, contoh adjective clause, contoh adverb clause, contoh definisi clause, contoh elliptical clause, contoh klausa, contoh kalimat majemuk bertingkat, contoh kalimat kompleks, pengertian klausa, klausa adalah, contoh adverb, arti independent, pengertian independen, contoh kalimat adverb, pengertian adjective, contoh kalimat conjunction, contoh complex sentence, contoh compound sentence, contoh kalimat cause and effect


| Saat belajar bahasa Inggris, pasti teman-teman akan sering mendengar kata clause. Clause ini lah, clause itu lah. Sebenarnya apa sih pengertian klausa itu?

Clause yang jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi klausa, adalah sebuah kumpulan dari kata-kata yang punya subjek dan predikat; atau dengan kata lain, sebuah klausa adalah sebuah kalimat.

Clause terbagi menjadi beberapa jenis, seperti independent clause, dependent clause, noun clause, adverb clause, adjective clause. Selain itu ada juga jenis clause lain yang perlu dketahui seperti time clause dan elliptical clause. Berikut penjelasan semua 5 jenis klausa secara garis besar nya, dan untuk pembahasan lengkap bisa langsung ke halaman khusus nya ya.


1. Independent Clause

contoh Independent clause, contoh main clause, contoh kalimat utama dalam bahasa Inggris, definisi main clause, pengertian independent clause,

Independent clause atau biasa disebut main clause, adalah clause yang mempunyai subjek dan predikat yang utuh. Karena mempunyai subjek dan predikat yang utuh, maka clause ini bisa berdiri sendiri (Independent) dan mampu memberikan gagasan yang utuh sebagai suatu kalimat. Berikut contoh kalimat nya;


Main Clause
Indonesia
I work at the office
Saya bekerja di kantor

Yono wakes up at 07.00 AM
Yono bangun tidur jam 7 pagi

Waskito is so bussy with his job
Waskito sangat sibuk dengan pekerjaannya

Dari 3 kalimat diatas, kita mampu menangkap maksud atau gagasan dari kalimat tersebut karena subjek alias "pelaku" dan predikat alias "apa yang dilakukan",  secara jelas di cantumkan di dalam kalimat, sehingga tidak ada makna atau gagasan yang menggantung.


Untuk belajar lebih jauh mengenai pengertian klausa ini, teman-teman bisa langsung ke halaman => belajar pengertian main clause.



2. Dependent Clause

Clause ini biasa disebut sebagai subordinate clause, karena bukan merupakan sebuah kalimat utuh. Sehingga saat menggunakannya pun harus di sertai dengan independent clause. Karena itu, klausa ini sering di sebut sebagai anak kalimat.

contoh dependent clause, klausa dependent, contoh klausa dependent, contoh anak kalimat bahasa inggris, contoh subordinate clause

Walaupun kadang mempunyai subjek dan predikat, namun gagasan utuh nya tidak jelas karena memiliki conjunction word alias kata sambung diantara kedua clause. Dengan kata lain, gagasan utuh atau makna dari klausa ini tidak akan masuk akal jika berdiri sendiri alias ngga nyambung. Oleh karena itu, subordinat klausa adalah kalimat yang tidak utuh.

Dependent Clause
Indonesia
Where Jaka goes
Kemana Jaka Pergi

That I complain
Yang saya komplain

For making mistake
Karena membuat kesalahan

Because of the rain
Karena hujan

Dari contoh klausa diatas, kita bisa lihat bahwa klausa ini tidak bisa berdiri sendiri karena maksud dan gagasan dari klausa tersebut sifatnya menggantung alias tidak lengkap. Semua klausa-klausa diatas lebih seperti tambahan informasi pada kalimat dan bukan merupakan sebuah kalimat yang utuh.


Karena dependent clause di bagi lagi menjadi 3 bagian, teman-teman bisa belajar lebih banyak langsung di subordinate clause.

3. Noun Clause

noun clause dalam kalimat, contoh noun clause, contoh klasa noun, definisi noun clause, pengertian noun clause

 

Pengertian klausa ini adalah clause yang digunakan sebagai subjek maupun objek di dalam sebuah kalimat. Selain itu clause ini merupakan bagian dari dependent clause. Artinya noun clause juga merupakan klausa yang tidak bisa berdiri sendiri. Contoh kalimatnya sebagai berikut;

Kalimat Utuh
Noun clause
Pembahasan Noun Clause

I agree with what he says

what he said
"with what he says" adalah noun clause dari kalimat tersebut. 

Fungsi dari clause tersebut adalah untuk menjelaskan verb dari main clause nya (agree)

What she does was remarkable

What she does
"What she does" adalah noun clause dari kalimat tersebut. 

Seperti yang bisa kita lihat, noun clause juga bisa di letakan di depan kalimat sebagai subjek.

"What she does" adalah subjek dari kalimat tersebut. Sedangkan "was" adalah predikatnya.

Pembahasan mendetail tentang clause ini bisa teman-teman lihat dalam pengertian noun clause dan conjunction.

4. Adjective Clause

Adjective clause disebut juga sebagai relative clause. Clause ini digunakan untuk mendeskripsikan, menggambarkan, atau memberikan informasi lebih terkait seseorang atau suatu benda. 


contoh adjective clause dalam kalimat, contoh klausa adjective dalam kalimat, contoh adjective clause, definisi adjective clause klausa adjective dalam kalimat


Jadi, pengertian adjective klausa disini adalah, klausa yang memberikan informasi terkait suatu kata benda atau deskripsi seseorang di dalam sebuah kalimat. Selain itu, conjunction atau kata sambung yang digunakan berupa who, which, whom, dan that. Berikut contoh kalimat adjective;


Kalimat Utuh
Adjective Clause
Pembahasan Adjective Clause
I am searching for a movie that interest me

that interest me
Pada kalimat di atas "that interest me" adalah adjective clause nya.

Clause tersebut menjelaskan noun (a movie) dari kalimat utama nya (I am searchng for a movie).

Dina said  his gratitude to the lady who help her cook the meal
who help her cook the meal
Pada kalimat di atas "who help her cook the meal" adalah adjective clause nya.

Clause tersebut menjelaskan noun (the lady) dari kalimat utama nya (Dina said  his gratitude to the lady).

Semoga teman-teman mengerti dengan penjelasan mengenai pengertian klausa ini. Penjelasan lebih detail bisa teman-teman lihat di => definisi adjective clause alias relative clause.

5. Adverb Clause

contoh adverbial clause, contoh adverb clause, contoh kalimat adverbial, contoh kalimat adverb clause
Adverb clause digunakan saat ada 2 kejadian/peristiwa di dalam 1 kalimat. Biasanya conjunction atau kata sambung yang digunakan berupa before, after, so that, when, dll. Berikut contoh kalimat adverb nya;
Kalimat Utuh
Adverbial Clause
Pembahasan Adverb Clause
When I arive at home, the rain starts heavily.


When I arive at home
Pada kalimat di atas, "when I arrive at home" merupakan adverb clause nya karena ada conjunction word/kata sambung (when) disitu.
 
I arrive at home, when The rain starts heavily.

when the rain starts heavily
Pada kalimat di atas, "when The rain starts heavily" merupakan adverb clause nya karena ada conjunction word/kata sambung (when) disitu.

Seperti dependant clause lainnya, clause ini tidak masalah jika diletakan di awal atau di akhir sebuah kalmat karena sifatnya hanya sebagai pembantu bagi kalimat utama nya.

Penjelasan lebih lengkap terkait clause ini bisa dilihat dalam contoh adverbial clause di dalam kalimat.

Klausa adalah kalimat yang cukup banyak varian nya. Selain dari ke 5 jenis klausa diatas, ada 2 jenis pengertian klausa lain nih yang musti teman-teman tahu juga, yaitu:

6. Time Clause

7 jenis clause dalam bahasa inggris, daftar klausa bahasa inggris, contoh klausa dalam bahasa Inggris, contoh klausa waktu dalam kalimat

Time clause merupakan pengembangan dari adverb klausa karena digunakan untuk memberikan informasi terkait waktu terjadinya sebuah peristiwa. Conjunction word atau kata sambung yang biasanya di gunakan adalah as soon as, When, before, after, dll. Berikut contoh kalimatnya;
Kalimat Utuh
Time Clause
Pembahasan Time Clause
As soon as Tasya Leaves, I will have cleaned my room

As soon as Tasya Leaves
Seperti yang bisa dilihat disamping, time clause digunakan pada salah satu dari 2 kalimat yang merupakan bagian dari sebuah kalimat utuh.

Clause ini digunakan saat ada 2 peristiwa di dalam satu kalimat untuk menunjukan peristiwa mana yang lebih dulu atau belakangan terjadi.
Bambang have done his homework, before eating his dinner
before eating his dinner

Untuk pengertian klausa yang lebih lengkap mengenai materi ini, teman-teman bisa langsung belajar pola kalimat time clause.

7. Elliptical Clause


Elliptical klausa adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengurangi jumlah kata di dalam sebuah kalimat utuh dan pengurangan itu tidak berpengaruh pada arti dan makna dari kalimat utuh tersebut. 


contoh elliptial clause, contoh klausa elliptical, jenis clausa bahasa inggris,


Jika klausa lainnya menambahkan kata conjunction pada sebuah kalimat, maka klausa ini menghilangkan salah satu aspek di dalam kalimat dan gagasan atau makna dari kalimat itu masih tetap nyambung alias masuk akal. Berikut contoh kalimatnya;


Kalimat Utuh
Elliptical Clause
Pembahasan Elliptical  Clause
Nadia needs 4 days to complete the job, Mario, only 2 days.


Mario, only 2 days
Pada kalimat disamping gagasan pada kalimat pertama (complete the job), juga berlaku pada kalimat kedua.

Karena gagasan nya sama, maka kita boleh menghilangkan gagasan pada kalimat kedua dan menggunakan elliptical clause ini.

Langsung aja belajar mempersingkat kalimat dengan elliptical clause untuk lebih jauh lagi belajar mengenai klausa ini.



Kesimpulan Belajar 5 Jenis Clause

    • Pengertian klausa adalah sebuah kumpulan dari kata-kata yang punya subjek dan predikat; atau dengan kata lain, sebuah klausa adalah sebuah kalimat.
    • Independent clause / main clause, adalah clause yang mempunyai subjek dan predikat yang utuh.
    • Saat menggunakan Dependent Clause / Subordinate Clause harus di sertai dengan independent clause.
    • Noun clause adalah clause yang digunakan sebagai subjek maupun objek di dalam sebuah kalimat.
    • Adjective Clause / Relative Clause digunakan untuk mendeskripsikan, menggambarkan, atau memberikan informasi lebih terkait seseorang atau suatu benda.
    • Adverb clause digunakan saat ada 2 kejadian/peristiwa di dalam 1 kalimat.
    • Time clause merupakan pengembangan dari adverb clause karena digunakan untuk memberikan informasi terkait waktu terjadinya sebuah peristiwa.
    • Elliptical clause adalah klausa yang digunakan untuk mengurangi jumlah kata di dalam sebuah kalimat utuh dan tidak mempengaruhi arti atau makna dari kalimat secara menyeluruh.

      Penutup

      Nah, mungkin segitu dulu pembahasan mengenai garis besar dari 5 jenis clause dalam bahasa Inggris. Ternyata ada banyak macam klausa ya di dalam bahasa Inggris. Semoga sekarang teman-teman sudah tidak bingung lagi kalau menemui suatu klausa saat belajar grammar. Semua ini sebenarnya mudah dipahami karena klausa adalah kalimat yang cuma terdiri dari 2 komponen utama; Subjek dan Predikat. Itu lah Pengertian Klausa.

      Kalau kalian punya topik yang ingin di bahas, silahkan tulis di komentar ya.
      Ingat, pembaca yang baik selalu share artikel ini supaya semakin banyak teman-teman kamu yang pinter bahasa Inggris!

      Related Posts

      5 Jenis Clause Utama Dengan Pengertian Klausa Lengkap dan Contoh Kalimat
      4/ 5
      Oleh

      2 komentar

      February 18, 2021 at 9:42 AM delete

      Bagus penjelasannya, tapi ini udah semua Clause? Kalau belum jumlah clause ada brp?

      Reply
      avatar

      Kalian ingin request topik seputar Grammar untuk dibahas? Langsung aja tulis di kolom komentar ya!

      Powered by Blogger.

      Kamu Harus Baca Ini!

      Contoh Kalimat Dependent Clause dan Konjungsi di Dalam Kalimat

      Contoh Kalimat Subordinate Clause atau Anak Kalimat Definisi Dependent clause Dependent clause atau dengan nama lain subordin...